Anda Tertarik ? 

5 Perbedaan Dasar Ekspedisi Kargo dengan Ekspedisi Reguler

layanan cargo sace express

Saceexpress – Dijaman dengan mobilisasi tinggi seperti sekarang ini, jasa pengiriman barang atau ekspedisi sangat diperlukan oleh banyak orang. Hal itu membuat banyak bermunculan perusahaan ekspedisi yang bermunculan sejak beberapa tahun belakangan ini. Kalau dulu orang mengirim barang secara konvensional yaitu memakai tenaga hewan, dan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk sampai di tempat tujuan. Maka dijaman serba modern sekarang sudah memakai pesawat terbang, yang hanya dalam waktu 1 hari barang anda bisa sampai ke tempat tujuan walau jaraknya ribuan kilometer.

Penting untuk anda ketahui bawah jasa ekspedisi itu terdiri dari 2 jenis. Yaitu jasa ekspedisi cargo dan ekspedisi reguler. Jika anda saat ini akan mengirimkan barang, maka anda perlu simak dulu artikel ini sampai habis agar anda bisa memilih jasa ekspedisi mana yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Lalu apa sajakah perbedaan ekspedisi cargo dan ekspedisi reguler?

1. Tarif

Bicara soal tarif pengiriman merupakan hal yang paling kritis bagi costumer. Semua orang pasti menginginkan tarif yang murah. Maka dari itu manakah tarif pengiriman yang lebih murah antara ekspedisi cargo dan ekspedisi reguler?. Jika dilihat dari tarif perkilo nya, maka ekspedisi cargo lah yang lebih murah, dan ekspedisi reguler jauh lebih mahal. Tetapi anda perlu tau, ekspedisi cargo menetapkan berat minimal dalam tiap pengiriman, sedangkan ekspedisi reguler tidak. Artinya jika anda mengirim barang dibawah ketentuan berat ekspedisi cargo, maka tetap akan dihitung berat minimal pengiriman barang. Sedangkan ekspedisi reguler menerima pengiriman dengan berat berapapun.

2. Minimal Berat

Seperti yang dijelaskan di atas, ekspedisi reguler tidak menetapkan berat minimum pengiriman, sedangkan ekspedisi cargo punya. Misalnya ekspedisi cargo menetapkan berat minimal barang 50kg atau 100kg. Maka dari itu jika anda mengirimkan barang ringan atau dibawah 50kg, anda akan dikenakan biaya barang 50kg. Sedangkan ekspedisi reguler menerima seringan apapun berat barang anda dan dikalikan tarif/kg nya.

3. Jenis Barang

Ekspedisi cargo biasanya menerima barang dengan jumlah besar atau barang berat. Karena ekspedisi kargo menetapkan berat minimal barang, misalnya 50kg. Barang-barang yang biasanya dikirim memakai ekspedisi kargo adalah mobil, motor, furniture, bahan pokok, bahan-bahan industri dan lain-lain. Sedangkan ekspedisi reguler biasanya menerima pengiriman barang kecil seperti baju, sepatu, dokumen, mainan, dan lain-lain.

Baca Juga :

4. Kantor Cabang

Ekspedisi reguler mempunyai cabang yang tersebar di berbagai daerah, bahkan di kota-kota kecil sekalipun. Sedangkan ekspedisi cargo hanya mempunyai cabang di beberapa kota besar saja. Itu karena jumlah costumer yang mengirimkan barang kecil lebih banyak dibandingkan barang berat. Maka dari itu jasa ekspedisi reguler merasa perlu membuka banyak cabang di berbagai daerah. Kantor cabang itu juga berguna untuk menyimpan dan menyalurkan barang yang dikirim ke kota tersebut. Sedangkan ekspedisi cargo biasanya bekerja sama dengan vendor atau pihak ketiga dalam menghandle barang yang telah tiba di kota distribusi untuk dikirimkan ke kota tujuan.

5. Waktu Pengiriman

Jika anda mengirimkan barang berat seperti furniture ke luar kota yang jaraknya ribuan kilometer, dengan tarif murah lalu menuntut untuk sampai 1 atau 2 hari, maka anda akan ditolak oleh jasa ekspedisi manapun. Apalagi oleh jasa ekspedisi cargo, sebab ekspedisi cargo memakai armada kapal dan truck untuk barang yang besar. Bisa saja memakai cargo udara, tetapi tarifnya akan sangat tinggi. Sedangkan armada truck dan kapal membutuhkan setidaknya 4 sampai 15 hari untuk sampai ke tujuan tergantung destinasi nya. Apalagi kapal biasanya mempunyai jadwal berangkat hanya 2 kali seminggu. Maka jika anda mengirimkan barang berat, maka jangan menuntut waktu pengiriman yang cepat. Sedangkan untuk jasa ekspedisi reguler, jika anda mengirim barang kecil, maka keesokan harinya akan langsung dikirim ke tempat tujuan pada hari kerja. Karena kebanyakan ekspedisi reguler memakai armada pesawat terbang dalam mendistribusikan pengirimannya. Sebab itu waktu pengirimannya akan lebih singkat dibandingkan jasa ekspedisi cargo.

Itulah 5 hal dasar perbedaan antara ekspedisi cargo dan ekspedisi reguler. semoga dengan artikel ini anda bisa menentukan dengan bijak jasa ekspedisi mana yang sesuai dengan kebutuhan anda.