Anda Tertarik ? 

Peralatan Penunjang Opersaional Jasa Pengiriman Cargo

Saceexpress – Jasa pengiriman cargo saat ini banyak diminati oleh banyak orang. Hal ini tak terlepas dari semakin berkembangnya usaha online yang kian menjamur bak jamur di musim hujan. Oleh sebab itu banyak jasa pengiriman cargo baru yang buka dengan layanannya yang beragam macam. Ada yang menawarkan tarif murah, ada yang memberikan kelebihan kecepatan pengiriman, dan ada yang memberikan kemudahan-kemudahan lainnya yang menguntungkan pelanggan.

Banyak diantara jasa cargo tersebut yang dibantu oleh peralatan yang dapat meringankan kerja para staffnya, sehingga pekerjaan pengiriman barang lebih efisien dan proses pengiriman barang bisa lebih cepat. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi para pelanggan jika proses pengiriman barangnya menjadi mudah dan cepat. Anda sebagai customer tiada salahnya mengenal lebih dalam tentang peralatan penunjang operasional jasa cargo, agar lebih membuka pikiran anda tentang bagaimana pelayanan usaha kargo yang baik itu seperti apa. Lalu apa sajakah peralatan yang biasa dipakai oleh jasa ekspedisi atau cargo? Simak artikelnya sampai habis.

Forklift

Forklift merupakan sebuah mobil yang mempunyai dua garpu besar terbuat dari besi pada bagian depannya. Forklift memiliki peran yang cukup besar dalam dunia usaha cargo. Sebab dalam mengangkat dan memindahkan barang besar dan berat dari satu tempat ke tempat lainnya akan lebih ringan bila dibantu dengan alat ini. Maksimal berat yang dapat di angkat oleh forklift adalah 2 ton, sehingga sangat berguna sekali dalam mengangkat barang berat.

Pallet

Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, palet adalah suatu alat yang biasanya terbuat dari kayu atau plastik yang digunakan untuk alas meletakkan barang di gudang. Bentuk palet adalah susunan kayu yang dibuat melintang. Dan pada sisi bawah palet terdapat rongga yang fungsinya untuk dimasukkan garpu forklift sehingga barang kiriman akan diangkat bersama dengan pallet tersebut. Selain itu, pallet juga berguna untuk melindungi barang kiriman dari air yang tergenang di lantai gudang karena bentuknya yang cukup tinggi dari dasar lantai.

Hand Pallet

Sama halnya dengan forklift, fungsi hand pallet adalah memindahkan atau mengangkat barang yang ada di atas pallet dari satu tempat ke tempat lainnya. Hand Pallet juga mempunyai semacam garpu pada komponen utamanya. Garpu tersebut juga sama fungsi nya dengan forklift untuk lebih memudahkan mengangkat pallet. Dinamakan hand pallet karena pengoperasiannya yang dapat menggunakan tangan kosong alias tanpa bantuan mesin apapun.

Baca Juga : Tarif Cargo Murah dari Jakarta ke Seluruh Indonesia

Timbangan Digital

Barang yang akan dikirimkan wajib di timbang untuk menentukan tarif yang dikenakan. Maka dari itu peran timbangan digital sangat penting dalam dunia pengiriman cargo. Timbangan yang biasa digunakan adalah timbangan digital yang mampu menahan beban hingga 3 ton.

Wood Cutter Machine

Barang atau cargo yang dikirim wajib dipacking, mau itu packing plastik, kardus maupun kayu. Packing kayu sangat diperlukan untuk melindungi barang dari benturan dan kerusakan ketika barang ditumpuk satu sama lain. Dalam perakitan packing kayu, jasa ekspedisi atau cargo biasanya dibantu dengan mesin pemotong kayu. Sehingga dalam pembuatan packing kayu lebih cepat dan efisien.

Itulah 5 peralatan yang umumnya dipakai oleh jasa pengiriman cargo agar membantu operasional dari jasa cargo tersebut. Sace Express sebagai jasa ekspedisi yang sudah berpengalaman dan profesional juga memakai peralatan ini dalam menunjang kemudahan operasional kami. Sehingga dalam pelayanan kami kepada pelanggan dirasakan lebih maksimal.